[Book Review] Will & Juliette (A Love Chronicle in New York) by Prisca Primasari

13.33 0 Comments A+ a-


Judul: Will & Juliette
Author: Prisca Primasari
Publisher: PT. Lingkar Pena Kreativita, Maret 2008
Jumlah halaman: 396 halaman


Mulai sekarang tiap abis baca novel ngereview ah. Sekalian belajar. Selamat membaca. :)

Jadi dinovel Will & Juliete ini menceritakan tentang cerita cinta Islam di New York. Will, seorang mantan vokalis band rocker ternama di New York era 80-an Frightening Beauty, dikejutkan dengan acara yang akan dilaksanakan oleh seluruh band rock di New York saat bertemu lagi dengan Vai, mantan basisnya. Diacara tersebut para rockstar pernah membuat perjanjian bahwa siapa yang belum pernah menikah akan dilempari roti isi basi. Pastinya mereka juga akan dipermalukan depan semua orang karena acara tersebut diliputi oleh media.

Mendengar acara tersebut, Will yang notabane nya adalah seorang playboy, kalang kabut. Meski sudah berkepala 3 dia belum pernah menikah sekalipun. Sedangkan Vai tenang-tenang saja karena dia sudah pernah menikah walaupun pernikahan tersebut harus berakhir dengab perceraian. Mantan istri Vai adalah seorang model yang sangat cantik bernama Edelwiss.

Tidak sampai menunggu 1 bulan Will sudah mempunyai pacar lagi bernama Jackie. Dengan terburu-buru ia melamar Jackie dan keceplosan memberitahu maksud buruknya. Jackie pun tidak terima dan mengancam akan menelpon semua mantannya tentang maksud jahatnya itu. Jackie tidak main-main. Semua telpon Will untuk para mantan-mantannya ditolak mentah-mentah.

Pada suatu hari Vai bertemu seorang gadis muslim yang terjatuh dijalan dan menolongnya. Saat itu keberadaan kaum muslim sangat dibenci oleh warga New York semenjak kasus pengeboman. Sebagai tanda terimakasih Juliette, gadis yang ditolongnya mengajak Vai untuk hadir dipesta kejutan saudaranya. Vai pun mengajak Will. Sesampai nya dipesta Will melancarkan rencana liciknya. Ia langsung melamar Juliette sehingga semua orang yang ada disana bingung. Melihat kejadian itu Vai menyeret Will pulang.

Tetapi semenjak kejadian itu Will tidak bisa melupakan Juliette. Gadis muslimah yang cantik. Begitupun juga Juliette. Ia tahu bahwa Will hanya bercanda tetapi tetap saja ia tidak bisa melupakan sosok itu dari awal pertama pertemuan.

Vai marah pada Will karena ia tidak ingin Juliette disakiti orang licik seperti Will. Setelah Will mencurahkan seluruh isi hatinya dan nekat ingin masuk Islam agar dapat menikahi Juliette, Vai percaya juga dan mendukung temannya itu untuk melamar Juliette.

Lamaran diterima Will dan Juliette pun menjadi pasangan suami istri muslim. Mereka hidup bahagia meskipun banyak gunjingan dari sana-sini yang menjelek-jelekkan Juliette. Cadrella, adik Will juga menikah dengab suami pilihannya dan langsung berpindah tempat ke luar negeri.

Bulan demi bulan berlalu. Tragedi menyedihkan terjadi. Juliette mengalami keguguran karena terjatuh terdorong oleh beberapa anak muda New York yang benci padanya. Will dan Juliette sangat sedih. Ditambah dengan perceraian Cadrella dengan suaminya. Beruntung Vai bisa menenangkan Cadrella. Vai dan Cadrella pun semakin dekat.

Acara reuni band rockstar tinggal menunggu beberapa bulan lagi. Edelwiss, mantan istri Vai tidak sengaja mendengar percakapan rahasia tentang acara band rockstar dan segala perjanjian nya itu. Edelwiss mengancam Will akan memberitahu Juliette tentang maksud buruk sebelumnya. Will pun bersikeras memohon agar Edelwiss tidak melakukan itu karena akan memperburuk keadaan Juliette yang masih bersedih dengan kasus kegugurannya. Edelwiss memanfaatkan keadaan itu. Jika Will mau rahasianya dibongkar, dia harus menjauhkan Cadrella dari Vai. Dengan berat Will pun mengiyakan.

Gerak-gerik Will yang mencurigakan pun ketahuan oleh Vai. Will sadar dan memilih untuk jujur diacara konser band rockstar tersebut tentang perjanjian itu. Dia tidak peduli lagi dengan ketenaran dan reputasi yang dia junjung tinggi dahulu. Dia tidak mau terus-terusan dihantui rasa takut akan kehilangan Juliette. Juliette yang menyaksikan acara konser melalui televisi merasa kecewa. Ia merasa tidak pernah dicintai seutuhnya oleh Will. Juliette pun memilih pulang ke rumah saudara-saudaranya.

Will merasa sedih. Ia tahu cepat atau lambat semua ini akan terjadi. Masing-masing dari Will dan Juliette akhirnya kembali mengingat Allah dan sadar bahwa semua orang yang kita miliki didunia ini hanyalah titipan Allah semata. Jika Allah mengambilnya itu memang sudah menjadi kehendak-Nya. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan yang terbaik bagi mereka. Will pun meminta maaf kepada Juliette dan Juliette memaafkannya. Mereka hidup berbahagia kembali dan akhirnya mempunyai 2 anak kembar laki-laki dan perempuan. Cadrella dan Vai pun akhirnya menikah. Juliette berharap Cadrella dan Vai akan diberikan hidayah oleh Allah agar mereka dapat memeluk agama Islam. Dan Will pun berjanji akan membuat orang-orang yang disayanginya merasa bahagia.

***

Quotes Favorit:

1. "Anda menyukai saya? Kenapa?" "Memangnya penting? Saya hanya tahu saya mencintai kamu" - Will & Juliette pg. 101-102. ♥
2. "Kita hanya bisa berdoa agar perasaan seseorang pada kita tidak akan berubah sepenuhnya. Tapi kalau pun perasaan itu akhirnya berubah juga itu sudah merupakan takdir yang harus kita terima." Will&Juliette pg.192
3. "Semua orang pernah khilaf. Tapi kalau kamu terus berpikir semuanya adalah kesalahan kamu, itu akan menghancurkan kamu juga". W&J pg.319

Selesai. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca. :)

Xoxo,
G♥